Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Download Skripsi Online - Sebelum dijelaskanprosespemakaian strategi pembelajaran ekspositori terlebih dahulu dijelaskan beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap pendidik yang akan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori ini.

1. Rumuskan Tujuan yang Ingin Dicapai
Merumuskan tujuan adalah langkah pertama yang memang harus disiapkan pendidik. Tujuan yang ingin dicapai sebaiknya diformulasikan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang spesifik yang berstandarkan kepada tujuan dari proses pembelajaran. Tujuan yang spesifik, seperti yang telah ditegaskan diatas, dapat mempertegas kepada arah yang mau dicapai. Dengan demikian, melalui tujuan pembelajaran yang jelas dan tegas selain dapat membimbing peserta didik dalam memperhatikan isi dari materi pembelajaran juga akan diketahui efektivitas dan efesiensi penggunaan strategi pembelajaran ekspositori ini.

Banyak terjadi, proses pembelajaran dengan cara ceramah (kuliah), pendidik terlena dengan pengajaran yang dilakukannya, sehingga inti dari materi pelajaran menjadi melebar, tidak fokus pada pokok pembahasan materi yang sedang dibahas. Dengan rumusan tujuan kegiatan pembelajaran yang jelas, hal ini tidak akan terjadi. Sebab, tujuan yang harus dicapai akan menjadi faktor pengingat bagi pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung.


2. Kuasai Materi Pelajaran dengan Baik
Penguasaan materi dalam kegiatan belajar mengajar dengan baik merupakan syarat yang harus dikuasai dalam penggunaan strategi penggunaan strategi pembelajaran ekspositori. Penguasaan materi ajar yang sempurna, akan membuat kepercayaan diri pendidik meningkat, sehingga pendidik akan mudah mengelola kelas ketika proses pembelajaran berlangsung; ia akan bebas bergerak; berani menatap peserta didik; tidak takut dengan tingkah laku parapeserta didik yang dapat mengganggu jalannya kegiatan belajar mengajar berlangsung; dan lain lain sebagainya. Sebaliknya, jikapendidik kurang menguasai bahan ajar yang akan disampaikan pada saat proses pembelajaran, ia akan kurang percaya diri sehingga ia akan sulit bergerakmobile pada saat menyampaikan materi ajar; takut menatap parapeserta didik; menjelaskan materi pelajaran serba tanggung dengan suara yang pelan dan miskin ilustrasi dan lain sebagainya. Yang terjadi adalahpara peserta didikakan sulit mengatur irama dan iklim pembelajaran. Pendidik akan sulit mengontrol dan mengendalikan perilaku-perilaku peserta didik yang dapat mengganggu jalannya proses pembelajaran.
Agar pendidik dapat menguasai materi bahan ajar ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, pelajari sumber-sumber belajar yang terkini. Kedua, persiapkan masalah-masalah yang mungkin muncul dengan cara menganalisis materi bahan ajar sampai detailnya. Ketiga, buatlah garis besar materi pelajaran yang akan disampaikan untuk memandu dalam penyampaian agar tidak melebar.

3. Kenali Kelas dan Berbagai Hal yang Dapat Memengaruhi Proses Penyampaian
Mengenali lapangan atau kelas merupakan hal penting dalam langkah persiapan. Pengenalan kelas yang baik memungkinkan pendidik dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu proses penyampaian materi bahan ajar. Beberapa hal yang berhubungan dengan kelas yang harus dikenali diantaranya, pertama, latar belakang audiens atau peserta didik yang akan menerima materi, misalnya kemampuan dasar atau pengalaman belajar peserta didik sesuai dengan materi bahan ajar yang akan disampaikan, minat dan gaya belajar peserta didik, dan lain sebagainya. Kedua, kondisi ruangan, baik menyangkut luas dan besarnya ruangan, pencahayaan, posisi tempat duduk, maupun kelengkapan ruangan kelas itu sendiri. Pemahaman akan kondisi ruangan kelas itu diperlukan untuk mengatur tempat duduk dan/atau untuk menempatkan media pembelajaran yang digunakan, misalnya dimana sebaiknya layar OHP atau LCD disimpan, dimana sebaiknya gambar dipasang, dan lain sebagainya.
Keberhasilan penggunaan strategi ekspositori sangat bergantungkepada kemampuan pendidik untuk bercakap atau menyampaikan materi bahan ajar.
Ada beberapa langkah dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori, yaitu:
1.      Persiapan
2.      Penyampaian (preparation)
3.      Penyampaian (presentation)
4.      Mnghubungkan (correlation)
5.      Menyimpulkan (generalization)
6.      Penerapan (aplication)
Demikian artikel ini dibuat, semoga dapat memberikan wawasan para pembaca sekalian untuk lebih dapat memahami seputar strategi pembelajaran ekspositori.

0 komentar:

Post a Comment