Download Skripsi Ilmu Pemerintahan “Respon Kelompok Tani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Desa Sukajadi Kecamatan Panggarangan”


Download Skripsi Online - Pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah contoh karya ilmiah skripsi sebagai referensi bagi para mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun karya ilmiah skripsinya.
Dan skripsi yang akan saya bagikan ini adalah skripsi untuk jurusan ilmu pemerintahan dengan judul Respon Kelompok Tani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Desa Sukajadi Kecamatan Panggarangan. Sebuah karya ilmiah skripsi hasil karya Zulhilmi seorang mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar Banten.
Semoga contoh skripsi ini bisa membantu rekan – rekan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir perkuliahannya dengan segera dan mendapatkan gelar sarjananya.
Berikut contoh abstrak pada skripsi Respon Kelompok Tani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Desa Sukajadi Kecamatan Panggarangan:
Untuk file skripsinya sendiri bisa anda download disini,

ABSTRAK
Penyuluhan dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatif melalui mekanisme kerja dan metode yang disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi pelaku utama dan pelaku usaha. Hal-hal  yang  berkaitan dengan penyusunan  PRA  antara  lain penyuluhan pertanian,  metode,  dan teknik penyuluhan seperti demplot, wawancara, pendekatan kelompok dan pendekatan individu. Penyuluh partisipatif merupakan pendekatan penyuluhan dari bawah keatas untuk memberikan kekuasaan kepada petani  agar  dapat 

mandiri,  yaitu kekuasaan dalam peran, keahlian, dan sumber daya untuk mengkaji desanya sehingga tergali potensi yang terkandung, yang dapat diaktualkan, termasuk permasalahan yang ditemukan. Tetapi berdasarkan kenyataan Nampak bahwa kinerja penyuluh Pertanian di Desa Sukajadi Kecamatan Panggarangan memperlihatkan kinerja penyuluh yang kurang maksimal. Karena yang bisa dianggap mengetahui betul kinerja penyuluh adalah para anggota kelompok tani yang setiap saat berhubungan dengan penyuluh.
Berangkat dari teori dan realita diatas penulis mencoba melakukan penelitian dengan judul “Respon Kelompok Tani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Di Desa Sukajadi KecamatanPanggarangan", dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan dari para kelompok tani terhadap kinerja penyuluh pertanian serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh penyuluh pertanian dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yakni dengan menganalisa dan menggambarkan keefektivitasan kinerja penyuluh pertanian serta Respon kelompok tani terhadap kinerja yang dihasilkan oleh penyuluh.
Berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi maka terkumpul data yang mengarah kepada tujuan penelitian yang selanjutnya peneliti dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep yang diberikan miles and Huberman dan Spradley. Respon kelompok tani sebagai binaan dari penyuluh pertanian terhadap kinerja penyuluh merasakan puas terhadap kinerja dari penyuluh pertanian hal itu di ungkapkan oleh anggota kelompok tani yang dijadikan sampel oleh peneliti.hal yang perlu di lakukan oleh penyuluh dalam meningkatkan kinerja agar optimal adalah penyusunan data  perencanaan penyuluhan,  penerapan metoda penyuluhan, pengembangan swadaya dan wilayah, khususnya pengembangan profesi penyuluhan.

1 comment: