Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif



Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif


Operator Bukan Guru - Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif. Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menentukan fokus penelitian pada penelitian kualitatif, bagi rekan-rekan mahasiswa yang sedang menempuh semester akhir dan sedang menggarap tugas akhirnya (Skripsi), mungkin pada pembahasan kali ini sangat bermanfaat sekali bagi rekan-rekan semua. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa batasan-batasan penelitian pada penelitian kualitatif itu dibatasi oleh fokus penelitian supaya suatu penelitian tidak terlalu melebar dan tepat sasaran. Sehingga jika hal demikian terjadi pada suatu penelitian maka akan menghambur-hamburkan waktu dan tidak dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditargetkan sebelumnya.

Salah satu asumsi tentang gejala dalam penelitian kuantitatif adalah bahwa gejala dari suatu obyek itu sifatnya tunggal dan parsial. Dengan demikian berdasarkan gejala tersebut peneliti kuantitatif dapat menentukan variabel-variabel  yang akan diteliti. Dalam pandangan penelitian kualitatif, gejala itu bersifat holistik (menyeluruh, tidak dapat dipisah-pisahkan) sehingga peneliti kualitatif tidak akan menetapkan penelitiannya hanya berdasarkan variabel penelitian, tetapi keseluruhan situasi sosial yang diteliti yang meliputi aspek tempat, pelaku dan aktivitas yang berinteraksi secara sinergis.

Karena terlalu luasnya masalah, maka dalam penelitian kuantitatif, peneliti akan membatasi penelitian dalam satu atau lebih variabel. Dengan demikian dalam penelitian kuantitatif ada yang disebut batasan masalah. Batasan masalah dalam penelitian kualitatif disebut dengan fokus, yang berisi pokok masalah yang masih bersifat umum.

Pembatasan dalam penelitian kuantitatiflebih didasarkan pada tingkat kepentingan, urgensi dan feasebilitas masalah yang akan dipecahkan, selain juga faktor keterbatasan tenada, dana dan waktu. Suatu masalah dikatakan penting apabila masalah tersebut tidak dipecahkan melalui penelitian, maka akan semakin menimbulkan masalah baru. Masalah dikatakan urgen (mendesak) apabila masalah tersebut tidak segera dipecahkan melalui penelitian, maka akan semakin kehilangan berbagai kesempatan untuk mengatasi. Masalah dikatakan feasible apabila terdapat berbagai sumber daya untuk memecahkan masalah tersebut. Untuk menilai masalah tersebut penting, urgen, dan feasible, maka perlu dilakukan melalui analisis masalah.

Baca Juga:

Bentuk dan contoh dari Rumusan Masalah Penelitian Kualitatif

Apakah Metode Penelitian kualitatif dan Penelitian kuantitatif Dapat Digabungkan?

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

 


Dalam mempertajam penelitian, peneliti kualitatif menentapkan fokus. Spradley menyatakan bahwa “a focused refer to a single cultural domain or a few related domeins” maksudnya adalah bahwa, fokus itu merupakan domain tunggal atau beberapa domain yang terkait dari situasi sosial. Dalam penelitian kualitatif, penentuan fokus dalam proposal lebih didasarkan pada tingkat kebaruan informasi yang akan diperoleh dari situasi sosial (lapangan). Kebaruan informasi itu bisa berupa upaya untuk memahami secara lebih luas dan mendalam tentang situasi sosial, tetapi juga ada keinginan untuk menghasilkan hipotesis atau ilmu baru dari situasi sosial yang diteliti. Fokus yang sebenarnya dalam penelitian kualitatif diperoleh setelah peneliti melakukan grand tour observation dan grand tpur question atau yang disebut dengan penjelajahan umum. Dari penjelajahan umum ini peneliti akan memperoleh gambaran umum menyeluruh yang masih pada tahap permukaan tentang situasi sosial. Untuk dapat memahami secara lebih luas dan mendalam, maka diperlukan pemilihan fokus penelitian.

Spradley dalam sanapiah faisal (1988) mengemukakan empat alternatif untuk menetapkan fokus yaitu:

  1. Menetapkan fokus pada permasalahan yang disarankan oleh informan
  2. Menetapkan fokus berdasarkan domain-domain tertentu organizing domain
  3. Menetapkan fokus yang memiliki nilai temuan untuk pengembangan iptek
  4. Menetapkan fokus berdasrkan permasalahan yang terkait dengan teori-teori yang telah ada.
Demikianlah ulasan mengenai "Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif" semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi terkait.

1 comment:

  1. Subhanallah terimakasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete