Kompetensi Peneliti Kualitatif


Download Skripsi Online - Kompetensi Peneliti Kualitatif. Dalam melakukan sebuah penelitian, tidak semua orang dapat melakukannya. Artinya harus ada standar tersendiri bagi seseorang untuk dapat melakukan sebuah penelitian. Hal ini juga berlaku bagi seseorang atau peneliti yang ingin melakukan sebuah penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada tulisan dibawah ini.
Baca Juga:
Lingkup Penelitian Kualitatif 
Kapan seharusnya seorang peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif?
Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif  
  1. Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang yang akan diteliti
  2. Mampu menciptakan rapport kepada setiap orang yang ada pada konteks sosial yang akan diteliti. Menciptakan rapport berarti mampu membangun hubungan yang akrab dengan setiap orang yang ada pada konteks sosial,
  3. Memiliki kepekaan untuk melihat setiap gejala yang ada pada obyek penelitian (konteks sosial).
  4. Mampu menggali sumber data dengan observasi partisipan, dan wawancara mendalam secara triangulasi, serta sumber-sumber lain.
  5. Mampu menganalis data kualitatif secara induktif berkesinambungan mulai dari analisis deskriptif, domain, komponensial, dan tema kultural/budaya.
  6. Mampu menguji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas hasil penelitian.
  7. Mampu mengasilkan temuan pengetahuan hipotesis atau ilmu baru
  8. Mampu membuat laporan secara sistematis, jelas, lengkap dan rinci.

Itu tadi beberapa prasyarat bagi seorang peneliti yang ingin melakukan sebuah penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. jika prasyarat tersebut diatas masih belum lengkap, silahkan anda lengkapi pada kolom komentar dibawah postingan artikel ini. Terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment