Lingkup Penelitian Kualitatif

Download Skripsi Online - Lingkup Penelitian Kualitatif. Suatu metode penelitian pasti memiliki ruang lingkup tersendiri yang cocok digunakan pada suatu lingkungan atau tempat penelitian, hal ini juga tidak terkecuali bagi sebuah penelitian kualitatif, adapun lingkup penelitian kualitatif dapat anda ketahui pada tulisan dibawah ini.

Metode penelitian kualitatif dapat digunakan pada scope/lingkup yang paling kecil, yaitu satu situasi sosial (single social situation) sampai masyarakat yang kompleks. Selanjutnya susan stainback (2003) menyatakan bahwa “an investigation might be simple or complex, dealing with a single event or multiple event, might be small or large”. Temuan dalam penelitian kualitatif bisa yang sederhana sampai yang kompleks terjadi pada peristiwa tunggal maupun majemuk, kecil atau besar.

Baca Juga:Kapan seharusnya seorang peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif? Berapa Lama Jangka waktu penelitian kualitatif ? Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif

Bila dilihat dari level of explanation, penelitian kualitatif bisa menghasilkan informasi yang deskriptif yaitu memberikan gambaran yang menyeluruh dan jelas terhadap situasi sosial yang diteliti, komparatif berbagai peristiwa dari situasi sosial satu dengan situasi sosial yang lain atau pola-pola hubungan antara aspek tertentu dengan aspek yang lain, dan dapat menemukan hipotesis dan teori. Hasil penelitian kualitatif yang tinggi kalau sudah dapat menemukan teori atau hukum-hukum dan paling rendah adalah kalau masih bersifat deskriptif.

Itu tadi pembahasan mengenai lingkup penelitian kualitatif, semoga setelah membaca postingan ini, rekan-rekan tidak kebingungan lagi dalam memilih sebuah keadaan social yang harus dijadikan objek penelitian dalam sebuah penelitian kualitatif.


0 komentar:

Post a Comment