Berapa Lama Jangka waktu penelitian kualitatif ?

Download Skripsi Online - Berapa Lama Jangka waktu penelitian kualitatif ?. Bagi anda yang sedang atau akan menulis laporan untuk sebuah penelitian kualitatif mungkin ada saja pertanyaan mengenai berapa lama jangka waktu dalam sebuah penelitian kualitatif?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut tadi, sekiranya pada postingan kali ini dapat menjawab pertanyaan tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan disimak tulisan dibawah ini.

Pada umumnya jangka waktu penelitian kualitatif cukup lama, karena tujuan penelitian kualitatif adalah bersifat penemuan. Bukan sekedar pembuktian hipotesis seperti dalam penelitian kuantitatif. Namun demikian kemungkinan jangka penelitian berlangsung dalam waktu yang pendek. Bila telah ditemukan sesuatu dan datanya sudah jenuh. Ibarat mencari provokator, atau mengurai masalah, atau memahami makna, kalau semua uto dapat ditemukan dalam satu menggu, dan telah teruji kredibilitasnya, maka penelitian kualitatif dinyatakan selesai, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama.
Dalam hal ini susan stainback menyatakan bahwa 
“there is no way to give easy to how long it takes to do a qualitative research study. The “typical” study probably last about a year. But the actual length or duration depends on the recources, interest, and purposes muchtime the researcher puts into the study each day or week” 
Baca Juga:

Cara Menentukan Fokus Penelitian Pada Penelitian Kualitatif

Bentuk dan contoh dari Rumusan Masalah Penelitian Kualitatif

Apakah Metode Penelitian kualitatif dan Penelitian kuantitatif Dapat Digabungkan?

tidak ada cara yang mudah umtukmenentukan berapa lama penelitian kualitatif dilaksanakan. Pada umumnya penelitian kualitatif dilaksanakan dalam tahunan. Tetapi lamanya penelitian akan tergantung pada keberadaan sumber data, interes dan tujuan penelitian. Selain itu juga akan tergantung cakupan penelitian, dan bagaimana peneliti mengatur waktu yang digunakan dalam setiap hari atau tiap minggu. 

Itu tadi jawaban dari judul pertanyaan Berapa Lama Jangka waktu penelitian kualitatif ? semoga dapat membantu sekaligus menjawab pertanyaan yang selama ini belum terjawab. Jika penjelasan singkat pada postingan kali ini belum menjawab atau belum bias dipahami, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah postingan ini.

0 komentar:

Post a Comment